Di tengah-tengah rivalitas kekuatan yang meningkat di antara major powers China, Jepang, dan India, untuk bisa menjadi salah satu kekuatan utama baru di kawasan, masih banyak pekerjaan rumah yang harus dilakukan Indonesia.

Judul Buku: Indonesia dan Rivalitas China, Jepang, dan India
Penulis:Poltak Partogi Nainggolan
Tanggal Terbit 2018-12-27 oleh Yayasan Pustaka Obor Indonesia
ISBN: 9786024336585 / 6024336586
Total Halaman: 311
Kategori Buku:Political Science
Buku Tentang: tes cpns

Download Indonesia dan Rivalitas China, Jepang, dan India eBook


Get the Ebook

Di tengah-tengah rivalitas kekuatan yang meningkat di antara major powers China, Jepang, dan India, untuk bisa menjadi salah satu kekuatan utama baru di kawasan, masih banyak pekerjaan rumah yang harus dilakukan Indonesia. Ia, pertama-tama, harus mampu mempertahankan pertumbuhan ekonomi rata-rata di atas 6-7 persen setahun untuk mengembangkan human capital agar dapat meraih bonus demografi dan memberi alokasi yang jauh lebih besar untuk anggaran belanja pertahanan atau kekuatan militernya. Kemudian, ia juga harus mampu mewujudkan konsolidasi demokratisnya, sehingga Korupsi, Kolusi, dan Nepotisme (KKN), yang menjadi musuh utamanya di dalam negeri, dapat dieliminasi secara efektif. Dengan demikian, segala sumber daya yang ada, alam dan manusia, dapat digunakan secara optimal untuk mencapai tujuan nasional―mendukung munculnya Indonesia sebagai kekuatan baru di kawasan. Perubahan lingkungan strategis di kawasan yang dramatis di tengah-tengah keterbatasan kemampuan Indonesia dalam menyikapinya, tentu saja membutuhkan respons yang cerdas. Sebagai solusi alternatif, negeri ini perlu menilai kembali doktrin politik luar negeri bebas dan aktif yang telah digunakan sebagai landasan kebijakannya selama lebih dari 7 dasawarsa, sejak ia merdeka tahun 1945. Doktrin yang dibuat usai Perang Dunia (PD) II, dengan struktur atau konstelasi kekuatan global yang ditandai dengan munculnya dua negara adikuasa baru pemenang PD II, yakni AS dan Uni Soviet, yang tidak lama kemudian berubah dari sekutu menjadi seteru, setelah memasuki periode Perang Dingin, yang ditandai dengan kontestasi baru kekuatan. Doktrin politik luar negeri bebas dan aktif yang dibuat dalam kondisi munculnya dua poros kekuatan dunia sudah tidak relevan lagi digunakan, mengingat dunia kini sudah polisentris, tidak lagi dimonopoli oleh kekuatan adidaya AS, tetapi juga dengan kehadiran China, Jepang, dan India sebagai major powers di kawasan. Sementara, Indonesia sendiri telah diperhitungkan akan muncul sebagai salah satu kekuatan baru di kawasan, dengan potensi pertumbuhan ekonominya dalam sampai tahun 2050. Sehingga, dalam tiga dasawarsa ke depan, tidak hanya ada ketiga negara yang disebutkan di atas, namun juga Indonesia dan Korea Selatan dan Australia, dalam jajaran major powers, sebagai bagian dari G-20.

Web site ini memberikan Buku Electronik tes cpns GRATIS untuk didownload. Indonesia dan Rivalitas China, Jepang, dan India adalah salah satu buku luar biasa untuk dibaca melalui kami, portal nuku gratis, perpustakaan terbaik untuk buku premium gratis. Anda akan mendapatkan buku kategoriPolitical ScienceSecara GRATIS di sini. Tanpa perlu untuk registrasi dalam mendownload e-book secara gratis. Situs ini memiliki sangat banyak koleksi e books tes cpns danPolitical Science.Download tes cpns ebooks GRATIS!
download Indonesia dan Rivalitas China, Jepang, dan India ebook dalam bentuk PDF, EPUB, MOBI, AZW and AZW3, FB2, DJVU, LIT, RFT, IBA, LRS, LRF, dan LRX.
downloadPolitical Scienceebooks
Sangat banyak buku tentang Indonesia dan Rivalitas China, Jepang, dan India yang dapat anda dapatkan di sini. Mau punya ebook Indonesia dan Rivalitas China, Jepang, dan India tanpa beli alias gratis? anda berada di tempat yang tepat! Miliki ebook Indonesia dan Rivalitas China, Jepang, dan India oleh:Poltak Partogi Nainggolan.

Berjudul: Indonesia dan Rivalitas China, Jepang, dan India

Detail Buku:
  1. E book telah memperoleh posisi di 18 by Google Books untuk buku Indonesia dan Rivalitas China, Jepang, dan India
  2. Indonesia dan Rivalitas China, Jepang, dan India diterbitkan oleh Yayasan Pustaka Obor Indonesia sejak 2018-12-27 with ISBNs. ISBN buku adalah 9786024336585 dan 6024336586
  3. Jumlah halaman buku "311 Pages" dan dicetak BOOK pada kategoriPolitical Science
  4. Buku ditulis dalam bahasa id

Get the Ebook

Book Preview


Tidak dapat mendownload? Coba alternatif links untuk "Indonesia dan Rivalitas China, Jepang, dan India by:Poltak Partogi Nainggolan":