Buku ini bercerita tentang perjalanan seorang tokoh bernama Minke.

Judul Buku: BUMI MANUSIA
Penulis:Pramoedya Ananta Toer
Tanggal Terbit 2002-10-01 oleh Hasta Mitra
ISBN: 9789798659126 / 9798659120
Total Halaman: 418
Kategori Buku:Indonesia
Buku Tentang: tes cpns

Download BUMI MANUSIA eBook


Get the Ebook

Buku ini bercerita tentang perjalanan seorang tokoh bernama Minke. Minke adalah salah satu anak pribumi yang sekolah di HBS. Pada masa itu, yang dapat masuk ke sekolah HBS adalah orang-orang keturunan Eropa. Minke adalah seorang pribumi yang pandai, ia sangat pandai menulis. Tulisannya bisa membuat orang sampai terkagum-kagum dan dimuat di berbagai Koran Belanda pada saat itu. Sebagai seorang pribumi, ia kurang disukai oleh siswa-siswi Eropa lainnya. Minke digambarkan sebagai seorang revolusioner di buku ini. Ia berani melawan ketidakadilan yang terjadi pada bangsanya. Ia juga berani memberontak terhadap kebudayaan Jawa, yang membuatnya selalu di bawah. Selain tokoh Minke, buku ini juga menggambarkan seorang |Nyai| yang bernama Nyai Ontosoroh. Nyai pada saat itu dianggap sebagai perempuan yang tidak memiliki norma kesusilaan karena statusnya sebagai istri simpanan. Statusnya sebagai seorang Nyai telah membuatnya sangat menderita, karena ia tidak memiliki hak asasi manusia yang sepantasnya. Tetapi, yang menariknya adalah Nyai Ontosoroh sadar akan kondisi tersebut sehingga dia berusaha keras dengan terus-menerus belajar, agar dapat diakui sebagai seorang manusia. Nyai Ontosoroh berpendapat, untuk melawan penghinaan, kebodohan, kemiskinan, dan sebagainya hanyalah dengan belajar. Minke juga menjalin asmara dan akhirnya menikah dengan Annelies, anak dari Nyai Ontosoroh dan tuan Mellema.Melalui buku ini, Pram menggambarkan bagaimana keadaan pemerintahan kolonialisme Belanda pada saat itu secara hidup. Pram, menunjukan betapa pentingnya belajar. Dengan belajar, dapat mengubah nasib. Seperti di dalam buku ini, Nyai yang tidak bersekolah, dapat menjadi seorang guru yang hebat bagi siswa HBS dan Minke. Bahkan pengetahuan si nyai itu, yang didapat dari pengalaman, dari buku-buku, dan dari kehidupan sehari-hari, ternyata lebih luas dari guru-guru sekolah HBS.

Blog ini menawarkan E-books tes cpns GRATIS untuk diunduh. BUMI MANUSIA adalah satu dari sekaian banyak buku bagus untuk dibaca melalui kami, portal nuku gratis, perpustakaan terbaik untuk buku premium gratis. Anda dapat buku kategoriIndonesiaSecara GRATIS di sini. Tidak membutuhkan untuk registrasi dalam mendownload e book secara gratis. Blog ini menawarkan jutaan koleksi e-books tes cpns danIndonesia.Download tes cpns ebooks GRATIS!
download BUMI MANUSIA ebook dalam bentuk PDF, EPUB, MOBI, AZW and AZW3, FB2, DJVU, LIT, RFT, IBA, LRS, LRF, dan LRX.
downloadIndonesiaebooks
Banyak sekali e books mengenai BUMI MANUSIA yang dapat kalian dapatkan di sini. Mau punya ebook BUMI MANUSIA tanpa beli alias gratis? kalian berada di tempat yang tepat! Download ebook BUMI MANUSIA oleh:Pramoedya Ananta Toer.

Berjudul: BUMI MANUSIA

Detail Buku:
  1. Buku telah memiliki rank di 29 by Google Books untuk buku BUMI MANUSIA
  2. BUMI MANUSIA diterbitkan oleh Hasta Mitra sejak 2002-10-01 with ISBNs. ISBN buku adalah 9789798659126 dan 9798659120
  3. Jumlah halaman buku "418 Pages" dan dicetak BOOK pada kategoriIndonesia
  4. Buku ditulis dalam bahasa id

Get the Ebook

Book Preview


Tidak dapat mendownload? Coba alternatif links untuk "BUMI MANUSIA by:Pramoedya Ananta Toer":